Bimbingan Konseling

Bimbingan Konseling SMK N 2 Tebing Tinggi dilaksanakan dengan Pola 17 + dan bertujuan untuk membantu peserta didik supaya mampu mencapai tugas-tugas perkembangannya yang meliputi aspek pribadi, sosial, belajar, karir. Sehingga dengan demikian diharapkan peserta didik dapat berkembang secara optimal.

Bimbingan Konseling disini mempunyai fungsi :

  • Pemahaman
  • Fasilitasi
  • Penyesuaian
  • Penyaluran
  • Pencegahan
  • Perbaikan
  • Penyembuhan
  • Pemeliharaan
  • Pengembangan

Bidang Bimbingan konselingnya meliputi Pribadi, Sosial, Belajar, Karir. Di dalam pelaksanaannya terdiri dari pelayanan dasar, pelayanan responsif dan perencanaan individual.
Pelayanan dasar diberikan kepada semua peserta didik, baik yang bermasalah maupun tidak bermasalah. Fokus pengembangan jangka panjang yaitu perilaku-perilaku yang hendak dikembangkan.
Pelayanan Dasar mencakup :

  • Bimbinan Kelompok
  • Layanan Orientasi
  • Layanan Informasi
  • Bimbingan Klasikal
  • Layanan Pengumpulan Data (Aplikasi Instrumentasi)
  • Layanan Penguasaan Konten

Pelayanan Responsif diberikan kepada peserta didik yang mempunyai kebutuhan atau masalah yang memerlukan bantuan dengan segera, karena apabila tidak dibantu dapat menimbulkan gangguan dalam proses pencapaian tugas-tugas perkembangan. Fokus pengembangannya kepada kebutuhan atau masalah yang dihadapi peserta didik (pemecahan masalah/kebutuhan).
Pelayanan Reponsif mencakup :

  • Konseling Individu
  • Konseling Kelompok
  • Referal ( Rujukan atau Alih Tangan)
  • Kolaborasi dengan guru Mapel,wali kelas
  • Kolaborasi dengan orang tua peserta didik
  • Layanan Mediasi
  • Layanan Konsultasi
  • Bimbingan Teman Sebaya
  • Konferensi Kasus
  • Kunjungan Rumah
  • Kolaborasi dengan pihak-pihak lain yang terkait diluar sekolah

Perencanaan Individual, diberikan kepada peserta didik supaya mampu merumuskan dan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan masa depan berdasarkan pemahaman akan kelebihan dan kekurangan dirinya, serta pemahaman akan peluang/kesempatan yang tersedia di lingkungannya. Fokus pengembangannya berkaitan dengan pengembangan aspek akademik, sosial, pribadi, karir.